Kasus Sengketa Lahan, Mantan DPR RI Hadirkan Doktor Hukum Agraria

Simpan KompasTV


Jangan lupa like dan juga Portion video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
SEMARANG, KOMPAS.TV – Mantan anggota DPR RI Daniel Budi Setiawan menghadirkan Doktor Hukum Agraria Undip, Ana Silviana, di dalam lanjutan sidang sengketa lahan antara dia dengan dokter Setiawan. Pada sidang kepala Prodi Hukum Undip Semarang ini menggunakan yurisprudensi Mahkamah Agung.

apabila sesuai yurisprudensi tersebut, otomatis sertifikat mantan anggota DPR RI itu lebih memiliki kekuatan hukum, sebab terbit terlebih dahulu yakni 1982, sedangkan sertifikat milik dokter Setiawan baru terbit tahun 1999. Selain itu saksi pakar serta menerangkan proses terbentuknya sertifikat mulai dari awal, warkah, buku tanah, hingga menghasilkan produk sertifikat dan juga foto ukur, serta memiliki kekuatan hukum.

Namun karena publikasi stelsel Indonesia yg masih menggunakan stelsel negatif, sehingga sertifikat milik mantan anggota DPR RI inipun dapat digugat. Namun karena Daniel Budi merasa benar atas tanahnya yg diduga diserobot dokter Setiawan, mantan anggota DPR RI ini lantas melaporkan pidana atas dugaan penyerobotan tanah ini ke Polrestabes Semarang dan juga berakhir penetapan tersangka dokter Setiawan.

“Karena klien kami merasa benar, menjadi berani melaporkan pidana ke Polrestabes Semarang dan juga itu statusnya jelas tersangka. Kalau ada yg bilang klien kami merasa engga benar, itu salah, justru karena merasa benar makanya mengambil langkah pidana,” tutur Sandy Christianto, kuasa hukum Daniel Budi.

Sementara itu kuasa hukum dokter Setiawan, Michael Deo, membaca keterangan saksi pakar Daniel Budi ini dari sudut pandang yg berbeda. Menurut Deo, dari keterangan saksi pakar Daniel Budi harus melakukan perbaikan dahulu sertifikat tersebut. Sebab dia menilai sertifikat milik Daniel engga sesuai dengan Buku C Desa.

“Di suatu sertifikat tertentu berkas penunjuknya adalah Buku C Desa. Misal tanah seluas 2000 m2, tapi pada sertifikat tertulis 5000 m2, kan kalau memang ahlinya atau yg memiliki hak, dia harusnya membetulkan mandiri. Itu menarik dan juga itu dieditkan oleh tergugat,” jelas Michael Deo

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang dokter berinisial S (dokter Setiawan) ditetapkan sebagai tersangka dugaan penyerobotan tanah milik mantan anggota DPR RI, Daniel Budi S.

#sengketalahan #sertifikat #penyerobotantanah

Artikel ini dapat dilihat di : https://www.kompas.tv/regional/490842/kasus-sengketa-lahan-mantan-dpr-ri-hadirkan-doktor-hukum-agraria

Keyword : KompasTV Restricted Video like also coils! Neatly-liked Video become infected for also compiler.
Selengkapnya : http://www.dailymotion.com/video/x8tzvi0